Siapakah Pemilik Pertama Rumah di Surga dari Umat Nabi SAW?

Wanita ini sudah dikaplingkan oleh Allah SWT sebuah rumah di surga. Rumah yang digambarkan laksana istana yang megah, terbuat dari intan permata. Kabar gembira ini disampaikan langsung Malaikat Jibril kepada sang suami.

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

 

PANGGILAN dari SURAU – Mempunyai rumah di surga, adalah ganjaran yang banyak didamba oleh Muslim yang taat. Allah SWT dalam banyak kesempatan akan mengganjar amalan tertentu dengan balasan rumah disurga, kelak.

Tetapi tahukan Anda, siapakah sosok dari umat Nabi Muhammad SAW yang pertama kali mendapat kabar gembira, bahwa ia akan mendapatkan rumah idaman tersebut di surga nanti?

Ia ternyata berasal dari kalangan perempuan, yang tak lain adalah Khadijah RA, istri Rasulullah SAW. Penegasan itu seperti yang termaktub dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA.

 

Redaksi hadits menyatakan bahwa, suatu ketika Malaikat Jibril mendatangi Rasul dan berkata, ”Wahai Rasulullah ini dia Khadijah, ia akan datang membawa serantang makanan dan lauk-pauk, atau minuman.  Jika ia tiba, sampaikan salam dari Tuhannya dan dariku, dan sampaikan berita gembira, ia berhak atas rumah di surga yang terbuat dari intan permata, tidak ada kegaduhan dan kelelahan.”

 

Baca Juga :   Diharamkan di Dunia, Tetapi Hal-hal ini Malah Dihalalkan di Surga. Penasaran ?

Dalam kitab Syarah Muslim,  Imam an-Nawawi menjelaskan maksud rumah tersebut menurut mayoritas ulama, laksana istana yang megah yang terbuat dari intan permata.

Menurut analisis Ibnu Hajar al-Asqalani dalam kitab Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhari, pahala untuk Khadijah tersebut sangat setimpal. Ini mengingat posisi dan peran istri pertamanya itu menopang dakwah pada masa awal turunnya risalah.

Khadijah adalah orang yang pertama kali percaya terhadap Rasul secara sadar dan jauh dari kegaduhan. Ia setia berdiri di samping Rasul menghilangkan rasa letih, kesedihan, dan menghapus lara akibat tekanan penentang dakwah.  (pds)
sumber republika.co.id