Sabtu , 20 Januari 2018

Penampilan Khatib Jumat ini, Begitu Memukau Jamaah

Ilustrasi - foto mozaik inilah com
Ilustrasi foto mozaik inilah com

 

PANGGILAN dari SURAU – Di sebuah daerah di Surabaya tepatnya masjid daerah sekitar pantai Kenjeran. Waktu itu adzan pertama sudah dikumandangkan, tetapi khatib belum juga datang. Usai shalat sunnah bilal berdiri seperti biasa memperingatkan kepada jamaah agar mendengarkan dan mencermati isi khutbah.

Barang siapa bicara satu kata saja ketika khatib mulai berdiri, maka shalat jum’atnya menjadi sia-sia alias dia tidak mendapatkan pahala.

Nah, ketika khatib pengganti sudah bersiap, ternyata dari arah belakang khatib asli yang sesuai jadwal datang tiba-tiba dan mengambil tongkat dari sang bilal sebagai tanda kesiapannya untuk berkhutbah.

Dia berdiri di atas mimbar lalu salam dan duduk. Orang-orang yang melihatnya tersenyum. Ketika khutbah, dia semangatnya luar biasa. Karena hampir semua orang memperhatikan dia saat berkhutbah, ditambah lagi dengan senyuman pula. Padahal biasanya banyak yang tertidur.

Ketika khutbah selesai dan dilanjutkan dengan shalat, dia baru sadar ketika kesulitan akan sujud, ternyata dia lupa mencopot helmnya.  (pds)

Baca Juga :   Tahukah Anda, SIAPA NAMA ISTRI IBLIS ?

Arif Khunaifi
via kompasiana.com