Miris, ISIS Latih Anak-Anak Indonesia Berperang di Suriah

Dilatih menembak.
Anak Indonesia yang berada di Kamp ISIS Suriah, dilatih berperang. – photo captured from youtube

 

Sebuah video yang diduga dirilis kelompok militan ISIS beredar di internet pekan ini. Dalam video terlihat anak-anak Indonesia dilatih menembak dan menentang pemerintah Indonesia.

Video berdurasi lebih dari 15 menit itu beredar viral di sosial media dan Youtube. Rekaman itu dibuat dengan koreografi yang apik dan dengan kamera yang cukup canggih sehingga menghasilkan gambar yang jernih.

 

ltihan perang
Abu Nasher Al-Indonisiy saat melatih anak2 perang. – foto captured from youtube

 

Video berdurasi kurang dari semenit itu dimuat di situs metro.co.uk, Jumat (20/5/2016). Disebut dalam permulaan video muncul sosok Abu Nasher al-Indonisiy. Melihat gelarnya, dia diyakini berasal dari Indonesia. Dia menyebut anak-anak yang direkrutnya adalah putra-putra khalifah. Maksud khalifah yakni tentu saja pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi.

Anak-anak di bawah umur ini dilatih ISIS menjadi mesin pembunuh. - photo captured from youtube
Anak-anak di bawah umur ini dilatih ISIS menjadi mesin pembunuh. – photo captured from youtube

 

Dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, kelompok ISIS menjabarkan kesalahan-kesalahan pemerintah Indonesia, Malaysia, dan Filipina, negara-negara dengan jumlah umat Muslim yang besar, karena tidak menaati perintah Islam dan tunduk pada Amerika. Mereka kemudian mengajak berbaiat kepada ISIS, dengan pimpinannya Abu Bakar al-Baghdadi.

Kemudian gambar beralih kepada anak-anak berusia antara 9-10 tahun yang memakai seragam loreng, bersepatu boot, memegang senapan AK47. Mereka diajarkan agama dan menembak.
“Kami berhijrah dari negeri yang penuh kebodohan, kehinaan dan kebohongan kepada negeri yang dimuliakan Allah. Di depan kita saat ini, para putra Khilafah yang menjawab seruan berhijrah,” kata Abu Nasher Al-Indunisiy.

Di pertengahan video, pria dewasa bernama Abu Thalha Malizi, dikelilingi puluhan anak, berbicara menggunakan bahasa Indonesia dengan aksen Melayu.

 

Baca Juga :   Usai Idul Fitri, Foto Obama Bergamis dan Berkopiah Hebohkan Amrik
Perhatikan warna paspor anak2 itu yg kebanyakan berwarna hijau, paspor Indonesia. - photo captured from youtube
Abu Thalha Malizi saat menyatakan komitmen anak-anak yg berbaiat kpd ISIS. Perhatikan warna paspor anak2 itu yg kebanyakan berwarna hijau, paspor Indonesia. – photo captured from youtube

 

Ia tampak memegang paspor Malaysia berwarna merah. Sementara anak-anak di sekelilingnya juga menunjukkan paspor yang rata-rata berwarna hijau, yakni paspor Indonesia.

Entah ditujukan kepada siapa, pria tersebut menyampaikan bahwa mereka akan melepas kewargaan Indonesia dan Malaysia dan berbaiat kepada ISIS.

“Kami akan membakar paspor-paspor ini sebagai tanda pembebasan diri kami kepada kamu, wahai pemimpin-pemimpin thaghut (zalim), wahai kerajaan-kerajaan thaghut,” ujar pria tersebut.

Selanjutnya mereka berbarengan melempar paspor, sebagian besar berwarna hijau, ke tanah lalu seorang bocah menyulut api. Video berdurasi dua menit 14 detik itu diiringi lagu jihad berbahasa Indonesia.

Paspor2 itu dibakar sebagai bentuk kesetiaan mereka pada ISIS.  - photo captured from youtube
Paspor2 itu dibakar sebagai bentuk kesetiaan mereka pada ISIS. – photo captured from youtube

Tak hanya itu, ada juga ancaman yang dia lontarkan. “Bahwasanya kami akan datang kepada kamu dengan bala tentara yang kamu tidak akan mampu mengalahkan,” kata dia.

•••

Pengamat politik Universitas Indonesia, Ridlwan Habib, mengatakan bahwa kemungkinan video itu diambil di wilayah Hasakeh, Suriah. Menurut Ridlwan, hal ini bisa menjadi masalah serius di masa depan.

“Dalam video itu saya hitung ada 23 anak-anak usia 8 hingga belasan tahun. Bayangkan dalam 3 tahun ke depan mereka sudah dewasa dan pulang ke Indonesia,” kata dia dalam pernyataannya yang diterima CNN Indonesia, Kamis (19/5).

Koran The Daily Mail melaporkan, Selasa (17/5), video itu dibuat di Hasakeh, daerah kekuasaan ISIS di sebelah utara Suriah.

Ingin lihat video perekrutan anak-anak Indonesia oleh ISIS ini? Simak berikut. (Video dibagi dalam dua rekaman) :

 

Bagian 1

 

https://www.youtube.com/watch?v=Lv8l4aiYoW4

 

Bagian 2 :

https://www.youtube.com/watch?v=MJBXr-XIMJE