Membangun Mesjid ini, NABI SAW MEMIKUL SENDIRI BATU BATANYA

Nabi memikul sendiri bahan bangunan untuk pembangunan mesjid ini.

 

Mesjid Quba tempo dulu. Foto deyaa.com
Mesjid Quba tempo dulu. Foto deyaa.com

 

PANGGILAN dari SURAU – Masjid Quba dibangun pada hari Senin, 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi. Kala itu Nabi dalam perjalanan hijrah dari Mekah menuju Madinah. Dalam perjalanan hijrahnya Nabi yang tiba di perkampungan Quba singgah selama 4 hari bersama Bani Amru bin Auf di rumah Kalthum bin Al Hadm.

Di hari pertama masa tinggalnya di perkampungan Quba, Nabi membangun masjid. Inilah masjid pertama yang dibangun suri tauladan umat Islam itu. Seperti diriwayatkan As-Syimus binti An Nu’man, saat itu Nabi memikul batubata sendiri hingga bungkuk tubuhnya.

Tubuh Nabi saat itu sampai penuh debu dan pasir. Tapi Nabi tidak mau para sahabat mengambil beban yang dibawanya. Ia meminta para sahabat agar membawa bahan-bahan bangunan yang lain. Setelah membangun masjid, Nabi mengimami salat secara terbuka bersama para sahabat di Masjid Quba.

Semasa hidupnya, Nabi selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Nabi wafat, para sahabat selalu menziarahi masjid ini dan melakukan salat di dalamnya. (pds)

Baca Juga :   Begini Cara Cucu Rasulullah NGAJARI ORANG TUA YANG KURANG SEMPURNA WUDHUNYA

 

sumber newsmedia
via khalifah.id