Sabtu , 21 April 2018

Di Dalam Kubur Kelak, HADIR 99 ULAR BERKEPALA 7, SIAPA SAJA YANG JADI KORBANNYA?

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi


PANGGILAN dari SURAU
– Alam Barzah atau alam kubur layaknya terminal pemberhentian perjalanan hidup manusia. Bani Adam yang sudah meninggal akan berpindah dari alam dunia ke alam penantian hingga menunggu hari kiamat tiba.

Ternyata, pada dimensi ini manusia sudah akan mendapatkan perlakuan sesuai dengan tindakan yang dilakukan semasa hidup. Jika dia beriman dan taat, maka akan mendapat kenikmatan. Namun hal sebaliknya akan terjadi bagi mereka yang tidak taat dan melanggar apa yang diperintahkan.

Salah satu balasan yang menakutkan adalah siksaan dari ular Tinnin. Rasulullah SAW menceritakan jika ular ini berjumlah 99, setiap satu ekornya memiliki 7 kepala. Bagaimana pedihnya siksaannya?

Ular tinnin merupakan ular yang dipersiapkan oleh Allah SWT untuk menyiksa manusia. Ular ini berjumlah 99 ekor dan satu ekornya memiliki 7 kepala. Tidak cukup sampai di situ, setiap kepala yang ada di tubuh ular tersebut akan mencakar, menggigit, menyembur hingga tubuh si mayit menjadi bengkak pada orang kafir. Siksaan yang demikian ini akan berlangsung hingga hari kiamat kelak.

Rasulullah SAW bersabda:

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: “Orang mukmin di dalam kuburnya seperti raudhah (taman), dilapangkan  kuburnya sejauh tujuh puluh hasta, disinari kuburnya seperti cahaya bulan purnama. Taukah kalian tentang apa ayat yang diturunkan ini?

Para sahabat menjawab: “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu”. Lalu Nabi berkata: Tentang Adzab kubur orang kafir di kuburnya, Demi jiwaku yang berada di Tangan-Nya, sesungguhnya orang kafir akan disengat 99 Tinnin, apakah kalian tahu tentang Tinnin..? (Ternyata Para Sahabat Juga Tidak Tahu),

lalu Nabi melanjutkan sabdanya: “itu adalah 99 Ular, setiap 1 ular memiliki 7 kepala, semua kepala meniup-niup pada orang kafir itu yang di kubur itu, lalu menyengatnya, dan merobek-robeknya sampai hari kiamat.” (Hadits Hasan, HR Ibnu Hibban, Abu Ya’la, dll. di Shahihkan oleh Al-Baihaqi, di hasankan oleh Al-Arna’ut, Husain Sulaim Asad, dll.)

Baca Juga :   Foto ini Bikin Heboh, KUCING BERSUJUD IKUTI TUANNYA

Selain akan menyiksa orang kafir saat di alam barzah kelak, ternyata ular tinnin juga akan menyiksa manusia yang gemar berbuat maksiat selama mereka hidup di dunia. Tidak hanya itu, ular tersebut juga akan menyiksa ibu yang tidak mau menyusui anak-anaknya. Dalam hal ini, Rasulullah SAW bersabda:

Pernah aku melihat para wanita yang payudara-payudara mereka dicabik-cabik ular-ular yang ganas. Maka aku bertanya: ‘Kenapa mereka??’ Malaikat menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa ada alasan syar’i)’.” (HR. Al-Hakim. Asy-Syaikh Muqbil rahimahullahu dalam Al-Jami’ush Shahih berkata: “Ini hadits shahih).

Adapun gambaran mengenai siksaan yang Allah berikan kepada orang kafir lewat ular tinnin ini begitu mengerikan. Mereka akan disiksa dengan penuh kepedihan saat berada di alam barzah kelak. Hal tersebut telah dijelaskan dalam sebuah hadits, Aisyah Radhiyallahu Anha berkata:

Dari Abdullah bin Abi Mulaikah berkata: Saya mendengar Aisyah Radhiyallahu Anha berkata: “Orang-orang kafir akan disiksa pedih di kuburnya, dengan dicabik-cabik oleh Ular ganas yang botak, lalu ular tersebut memakan orang itu dari kepala hingga kakinya, kemudian orang itu kembali ke bentuk sempurna, setelah itu di makan lagi orang itu dari arah kaki sampai kepalanya, lalu orang itu kembali ke bentuk sempurna, lalu ular itu memakan lagi orang tersebut dari arah kepala hingga sampai kakinya, begitu seterusnya.” (HR Ibnu Abi Syaibah (34749). (pds)

wiwik setiawati
via infoyunik.com